Terpopuler:

Uraian tentang Barcode

17 October 2019 - Kategori Blog

Berikut ini penjelasan uraian tentang barcode di mana gambaran barcode di bawah ini memiliki garis tipis dan tabel serta bilangan inisial barcode yang tertera di bawahnya. Komputer tidak membaca bilangan yang berada di bagian bawah barcode. Bilangan itu di cetak agar orang dapat membaca barcode dengan mudah bila mana memerlukannya.Berikut ini penjelasan tentang anatomi (uraian) barcode di mana gambaran barcode di bawah ini memiliki garis tipis dan tabel serta bilangan inisial barcode yang tertera di bawahnya. Komputer tidak membaca bilangan yang berada di bagian bawah barcode. Bilangan itu di cetak agar orang dapat membaca barcode dengan mudah bila mana memerlukannya.

anatomi barcode

anatomi barcode

anatomi barcode

Keterangan gambar barcode:

1.   Number System Character. Angka ini merupakan sebuah sistem bilangan barcode     UPC yang mengkarakteristikkan jenis-jenis khusus pada barcode. Di dalam barcode UPC,  Number System Character ini biaasanya terletak di sebelah kiri barcode.

Kode-kode yang tertera adalah sebagai berikut:

0 – Standard UPC number.

1 – Reserved.

2 – Random weight items like fruits, vegetables, and meats.

3 – Pharmacueticals.

4 – In-store code for retailers.

5 – Coupons.

6 – Standard UPS number.

7 – Standard UPS number.

8 – Reserved.

9 – Reserved.

2.   Guard Bars. Ada tiga guard bars yang ditampilkan di awal, tengah, dan akhir baecode. Guard bars bagian awal dan akhir di-encode-kan sebagai “bar-space-bar” atau “101”. Guard bars bagian tengah di-encode-kan sebagai “space-bar-space-bar-speca” atau “01010”.

3.   Manufacturer Code. Kode perusahaan ini ada lima digit bilangan yang secara khusus yang menentukan manufaktur suatu produk. Kode perusahaan/manufaktur ini dilindungi dan ditetapkan oleh Uniform Code Council (UCC).

4.   Product Code. Kode produk ini terdiri dari lima digit bilangan yang ditetapkan oleh perusahaan/manufaktur untuk setiap produk yang dihasilkannya. Setiap produk yang berbeda dan setiap ukuran yang berbeda memiliki kode produk yang unik.

5.  Check Digit. Disebut sebagai digit self-check. Check digit ini terletak dibagian luar sebelah kanan barcode. Check digit ini merupakan suatu old-programmers trick untuk memvalidasi digit-digit lainnya (number system character, manufacturer code, product code) yang dibaca secara teliti.

untuk info lebih lanjut silahkan klik disini dan disini