Tips Meningkatkan Kinerja Laptop

TIPS MENINGKATKAN KINERJA LAPTOP

Komputer Merupakan salah satu alat yang sering kita gunakan baik saat bekerja, bermain maupun belajar. Namun, Tahukah kamu bahwa jika kita sering menggunakan komputer maka kinerja komputer tersebut semakin lama semakin menurun sehingga membuat komputer kita semakin lemot atau lambat saat kita melakukan sesuatu. Untuk mengatasi hal tersebut berikut beberapa Tips Meningkatkan Kinerja Komputer : Tips Meningkatkan Kinerja Komputer

Tips Mempercepat Kinerja Komputer

1. Uninstall Software atau aplikasi yang tidak diperlukan

Salah satu tips untuk meningkatkan kinerja komputer yaitu dengan uninstall software – software yang tidak diperlukan karena dapat menambah beban kapasitas hardisk sehingga dapat menyebabkan kinerja komputer kita menjadi lambat.

2. Lakukan perawatan hardware secara berkala pada komputer

Hardware Merupakan komponen yang paling penting pada komputer, Maka dari itu seringlah melakukan perawatan pada hardware untuk tetap menjaga kondisi komputer kita seperti membersihkan hardware dari debu dengan vacum atau kuas, Mengganti pasta pendingin pada CPU dan lainnya.

3. Lakukan Fullscan antivirus pada komputer

Virus Merupakan salah satu penyebab melambatnya kinerja pada komputer. untuk menjaga komputer kita dari virus maka lakukanlah pengecekan secara berkala minimal sebulan sekali menggunakan antivirus seperti Avast, Smadav dan lainnya sehingga komputer kita senantiasa dapat terlindungi dari serangan pada virus.

4. Coba gunakan Software versi lama

Software versi terbaru memang lebih memiliki fitur – fitur yang lebih banyak namun bukan berarti kinerja komputer anda dapat meningkat. semakin banyak fitur yang terdapat pada suatu software akan semakin bertambah pula beban pada komputer sehingga komputer menjadi lebih lambat.

5. Gunakanlah software booster untuk mempercepat komputer

dengan menggunakan software booster kamu dapat mengoptimalisasi komputermu dengan membersihkan cache dan cookies, menghapus riwayat history browser, Recycle bin sehingga komputer kamu dapat bekerja lebih cepat dari sebelumnya.

6. Install Sistem Operasi yang lebih ringanĀ 

Jika komputer kamu low spec, alangkah baiknya kamu menginstall sistem operasi yang lebih ringan seperti windows XP atau 7. Namun jika komputer kamu memiliki spesifikasi yang cukup bagus maka kamu dapat menginstall windows yang lebih berat seperti windows 8 atau 10. Karena jika komputer kamu low spec namun tetap menginstall windows 8 atau 10 maka kinerja komputer kamu akan melambat atau lemot karena terbebani oleh sistem operasi yang kamu install.

 

Sekian artikel yang saya buat semoga bermanfaat terima kasih telah membaca ….

sumber : Merawat Laptop