Terpopuler:

Sejarah dan Pengertian Barcode

30 August 2019 - Kategori Blog

Definisi barcode secara luas, teknologi yang digunakan dalam pengembangan barcode (Laser,CCd dan Linear Imager), serta sistem kerja pembacaan dan anatomi barcode itu sendiri.

Sejarah dan Pengertian Barcode

Sejarah dan Pengertian Barcode

sejarah barcode

Perusahaan pertama yang memproduksi perlengkapanbarcode untuk perdagangan retail adalah Monach Marking. Pemakaian di dunia industri pertama kali oleh Plessey Telecommunications. Pada tahun 1972, Toko Kroger di Cincinnati mulai menggunakan bull’s-eye code.

Barcode pertama kali diperkenalkan oleh dua orang mahasiswa Drexel Institute of Technology,yakni Bernard Silver dan Norman Joseph Woodland di tahun 1948.Mereka mendaftarkan hak paten atas inovasi tersebut pada tahun 1949 dan dikabulkan pada tahun 1952. Namun demikian baru pada tahun 1996 penemuan mereka digunakan di dunia komersial. Pada kenyataanya penggunaan barcode tidak begitu sukses hingga pasca tahun 1980-an.

Namun demikian pada hari ini nyaris semua produk, mulai dari makanan, pakaian, hingga sabun mandi, langsung dilengkapi dengan barcode begitu masuk pusat perbelanjaan, mini market atau toko. Walter Satterthwaite, konsultan dari Masterfood, mengatakan bahwa keberadaan barcode telah membantu semua pusat perbelanjaan diseluruh dunia.

Ada banyak definisi barcode, tetapi semua definisi tersebut merujuk pada satu hal yang sama. Untuk lebih jelasnya bisa lihat dibawah ini.

1. Barcode secara harfiah berarti kode berbentuk garis.

2. sebagai kumpulan kode yang berbentuk garis, dimana masing-masing ketebalan setiap garis berbeda seusai dengan isi kodenya.

3. Informasi terbacakan mesing (machine readable) dalam format visual yang tercetak. Umumnya barcode berbentuk garis-garis vertikal tipis tebal yang terpisah oleh jarak tertentu.

4. Sejenisnya kode yang mewakili data atau informasi tertentu, biasanya jenis dan harga barang, seperti makanan dan buku. Kode berbentuk batangan balok dan berwarna hitam putih ini mengandung satu kumpulan kombinasi batang yang berlainan ukuran yang disusun sedemikian rupa. Kode ini dicetak diatas stiker atau di kotak pembungkus barang yang sudah di sediakan.

Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan,  Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara, Bekasi 17123 Telp. (021)8838 2929

CS2 – Telp/SMS/WA : 081369101014
CS3 – Telp/SMS/WA: 081259417100

info lebih lanjut klik disini

, , , , , ,