Perbedaan Printer Dot Matrix Dan Printer Thermal

Perbedaan Printer Dot Matrix Dan Printer Thermal

 

Perbedaan Printer Dot Matrix Dan Printer Thermal

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Perbedaan Printer Dot Matrix Dan Printer Thermal. Tetapi sebelum itu kita bahas terlebih dahulu apa itu printer.

Printer adalah yang di gunakan untuk mencetak struk. Printer dot matrix/thermal  menggunakan jenis kertas khusus, yaitu kertas roll atau kertas 2 play(rangkap 2) dan NCR. berbeda dengan printer lainnya yang menggunakan paper jenis sheet atau lembaran. maka kertas yang tercetak dapat menyesuaikan, hal ini menjadikan printer dot matrix/thermal menjadi fleksibel dan cocok untuk Anda yang berjiwa Wirausaha.

Printer Dot Matrix

printer dot matrix

Keunggulan memakai printer dot matrix ini adalah karena kecepatan cetak yang tinggi. Sebagai gambaran printer dot matrix ini misalnya, dapat mencetak dengan kecepatan 4.5 baris per-detik. Dengan kecepatan cetak yang tinggi, contohnya seperti mengurangi jumlah antrian pelanggan di kasir anda. Secara umum ada 2 tipe printer kasir yang populer, yaitu printer jenis Dot Matrix dan printer kasir jenis Thermal.

Jenis printer dot matrix adalah printer yang menggunakan teknologi impact atau dot matrix. cetakan pada struk akan terlihat sebagai kumpulan titik-titik kecil. Pada sistem dot matrix, pin atau jarum head akan menyentuh pada permukaan pita dan juga pada kertas. Karena printer ini bisa digunakan bersama dengan kertas rangkap atau NCR. Dengan kertas rangkap, contohnya seperti nota asli dapat diberikan ke pelanggan dan nota duplikat rangkap dapat dsimpan sebagai arsip. jenis printer dot matrix ini adalah suaranya yang cukup berisik.

 

Printer Thermal

Printer Kasir Postronix TX-78

Jenis printer yang kedua adalah printer thermal. Printer ini menggunakan teknologi thermal khusus yang disebut dengan direct-thermal. Pada printer ini, head printer thermal akan melakukan pemanasan langsung pada kertas jenis thermal. Printer  thermal ini mempunyai keunggulan karena kecepatan cetak yang begitu cepat dan hampir tidak menimbulkan suara pada saat mencetak struk. Sebagai perbandingan printer kasir dot matrix kurang dari 50milimeter per-detik itu pun sudah sangat cepat dibanding printer biasa. Namun printer thermal bahkan mempunyai kecepatan sampai 250 milimeter per-detik.

Aplikasi printer jenis dot matrix/thermal tidak hanya dipakai untuk kasir di swalayan atau supermarket saja. Printer ini juga banyak dipakai sebagai printer mesin antrian, printer dapur atau kitchen printer, printer pompa bensin atau printer spbu, printer bank atau slip printer, atau pada aplikasi lainnya.

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.  sekarang anda bisa memilih printer apa yang pas untuk menjalankan usaha anda saat ini…