Terpopuler:

Pembuatan Program Barcode

13 September 2019 - Kategori Blog

Pembuatan Program Barcode

Pembuatan Program Barcode yang kita buat diambil dari kasus penjualan barang pada  suatu toko penjualan barang secara retail. untuk studi kasus parkir dan absensi, silahkan anda merujuk pada CD pendukung,anda dapat melihat pengujian atas kedua studi kasus tersebut pada bab berikutnya. dalam bab ini akan dibahas bagaimana merancang database yang akan digunakan pada studi kasus penjualan barang, merancang struktur program, mendesain rancangan form yang akan digunakan, serta menuliskan listing program di setiap desain form dan pembuatan listing program barcode. Dalam hal ini simbologi barcode yang digunakan adalah simbologi CODE 39.

Perancangan Program Database

Perancangan database merupakan pekerjaan penting dalam pengembangan sistem komputerasasi guna mendapatkan susunan data(tabel) yang efisien dan efektif.ada dua teknik percangan database. anda dapat Menggunakan RD(Entity  Relationship Diagram) atau menggunakan normalisasi data.dalam hal ini normalisasi data diambil alam perancangan database, program ini menjadi 3 bagian, yakni:

  1. Normalisasi data sistem penjualan

  2. speksifikasi kebutuhan tabel

  3. langkah pembuatan database

untuk lebih jelasnya anda bisa mengikui lagkah langkah dibawah ini :

Normalisasi Data

Normalisasi data Merupakan cara pendekatan dalam pembangunan desain database yang tidak secara langsung berkaitan dengan model data, akan tetapi dengan menerapkan beberapa aturan dan kriteria standar untuk menghasilkan struktur tabel yang normal.

Dalam proses pengelompokan elemen data (yang sebelumnya didapat,misalnya data nota transaksi secara manual) menjadi tabel-tabel yang menunjukan entitas dan keterhubungan antar tabel lainnya yang memanfaatkan atribut-atribut unik di dalam suatu tabel. oleh karenanya dibawah ini beberapa macam kunci key(key) digunakan untuk melakukan proses penyarigan,penghapusan dan lain sebagainya guna proses normalisasi data dan membentuk suatu tabel yang utuh.

Beberapa diantara kunci itu bisa anda lihat dibawah ini

  1. Kunci calon (Candidate Key) adalah kumpulan atribut minimal yang dapat membedakan setiap baris data dalam sebuah tabel secara unik

  2. Kunci primer (Primary key) adalah suatu atribut atau satu set minimal atribut yang tidak hanya mengindentifikasi secara unik untuk suatu kejadian yang spasifik, akan tetapi dapat juga mewakili setiap kejadian dari suatu entitas

  3. kunci alternatif (Alternative Key) Merupakan Kunci kandidat yang tidak terpakai sebagai sebagai prymary key. kunci alternatif banyak digunakan untuk kunci pengurutan dalam pembuatan laporan.

  4. Kunci tamu (foreign Key) adalah suatu atribut atau satu set minimal atribut yang melengkapi satu relasi(relationship) yang menunjukan induknya (primary key)

untuk info lebih lanjut bisa klik disini

Untuk melihat barang kami berhubungan dengan barcode bisa klik disini

, , , , , , , , ,