Terpopuler:

Panduan Software Mini market

15 October 2019 - Kategori Blog

Hallo guys kita akan menjelaskan panduan software mini market

software SID Retail Pro dirancang khusus desain mudah untuk digunakan untuk siapapun(user friendly), namun fitur-fiturnya banyak, lengkap dan beragam untuk sebuah mini market, sehingga akan mempercepat perkerjaan dan dalam proses transaksi akan lebih cepat di toko anda.

Software SID Retail PRO sudah dilengkapi dengan fasilitas barcode yang akan mempercepat me scan barcode di produk toko anda dan mempercepat input data dan transaksi di toko/minimarket anda. sofware retail ini sangat mudah digunakan dan sudah support untuk mini printer atau atau dot matrik.

Feature Software SID Retail PRO :

 MASTER DATA :

  1. Login User -> software minimarket dilengkapi dengan password untuk masing-masing user
  2. Multi User-> software minimarket support untuk beberapa user,bisa ditambah,edit, dan di hapus
  3. Level Akses User -> admin bisa mengatur user sesuai dengan wewenangnya masing-masing,sehingga akan mempermudah petugas minimarket dalam mengatur karyawannya
  4. Support Client Server -> software minimarket dirancang dengan menggunakan database mysql versi terbaru,bisa melakukan akses antara client dan server, sehingga bisa digunakan untuk jaringan lokal ataupun internet
  5. Input Data Barang -> bisa edit,tambah,dan hapus
  6. Harga jual bertingkat, untuk qty berbeda harga jual berbeda pada saat penjualan bisa di setting
  7. Input jasa, saldo elektrik -> bisa edit,tambah,dan hapus
  8. Input Data Supplier -> bisa edit,tambah,hapus
  9. Input Data Pelanggan -> bisa edit,tambah,dan hapus
  10. Input Data Cabang -> bisa edit,tambah,dan hapus
  11. Input Data Member -> bisa edit,tambah,dan hapus
  12. Input Data Kas -> bisa menggunakan beberapa kas
  13. Input Master Biaya ->untuk keperluan biaya nasional

   TRANSAKSI

  1. Penjualan barang (Umum) -> bisa edit,tambah,dan hapus
  2. Penjualan Ke Cabang -> bisa edit,tambah,dan hapus
  3. Penjualan Partai/Grosiran -> Penjualan dalam partai besar, bisa edit,tambah,dan hapus
  4. Penjualan Ke Member(dapat point) -> bisa edit,tambah,dan hapus
  5. Penjualan Barang Tunai dan Tempo/Kredit
  6. Diskon Bertingkat dalam Persen (%), Misal 30+20
  7. Pengiriman barang PO
  8. Pemakaian barang untuk keperluan toko -> bisa edit,tambah,dan hapus
  9. pemesanan barang ke supplier secara langsung-> Mencatat transaksi pembelian barang kesupplier secara langsung tanpa melalui pesanan(order)
  10. Purchase Order(PO) -> Pemesanan barang ke supplier, dan penerimaan pesanan jika barang sudah diterima
  11. Pembelian barang secara Tunai/Cash
  12. Pembayaran hutang ke supplier-> bisa edit,tambah,dan hapus
  13. Penerimaan piutang dari pelanggan-> software minimarket ini juga menyediakan form untuk PIUTANG pelanggan serta form untuk pembayaran PIUTANG pelanggan,bisa edit,tambah,dan hapus
  14. Return pembelian barang -> pengembalian barang ke supplier jika rusak dan cacat atau kadaluarsa, bisa tambah, edit,dan hapus
  15. Penerimaan return pembelian -> Menerima barang yang telah direturn ke supplier
  16. return penjualan barang -> pengembalian barang dari pelanggan jika barang rusak atau cacat
  17. mengirim data dari pusat ke cabang via Internet atau Flashdisk
  18. Secara otomatis menambah stok cabang jika sukses terkirim
  19. Memberitahukan kepada pihak pusat jika pengirim data sudah selesai

BACKOFFICE

  1. Pengeluaran (biaya operasional) -> Mencatat transaksi pengeluaran biaya operasional, yang akan mengurangi saldo kas secara otomatis
  2. Mutasi antar kas ke bank-> Pemindahan kas dari toko ke bank, atau sebaliknya
  3. Koreksi stok -> untuk meyesuaikan stok fisik dengan stok di komputer, jika ada yang tidak sesuai koreksi kembali
  4. Penukaran Point Belanja dengan barang
  5. History pemakaian program -> Melihat aktivitas yang terjadi pada software dari mulai sampai tutup program, sehingga memudahkan manajemen untuk mencek transaksi yang terjadi pada toko atau minimarket
  6. Pengaturan footer nota sesuai keinginan kita -> Footer nota (keterangan nota kwitansi) bisa di set sendiri sesuai dengan kebutuhan
  7. Metode perhitungan laba rugi bisa di set sesuai kebutuhan, bisa menggunakan FIFO atau Average
  8. Mengganti background (gambar desktop) software
  9. Viaw active user -> Melihat operator yang sedang login (aktif), sehingga manajemen bisa melihat jam masuk, jam pulang, jumlah kas jual, kas awal dan kas akhir pada saat logout
  10. Default backup -> Software back up data secara otomatis dalam format SQL, lokasi backup bisa di tentukan sendiri oleh pengguna program
  11. Proteksi NULL stok -> Software bisa di set jika stok barang tidak ada saat melakukan transaksi penjualan, bisa di Lost (abaikan) atau Lock (Kunci) yang mengakibatkan jika tidak ada stok tidak bisa melakukan penjualan
  12. backup database, import database -> database bisa disimpan ke tempat lain dan bisa di load kembali
  13. konfigurasi koneksi ke ip address server via LAN (Komputer jaringan pada minimarket)
  14. Software bisa diakses dari luar kota (Via Internet) -> sehingga owner bisa melihat transaksi yang ada di toko tanpa harus datang ke lokasi.

LAPORAN

  1. Laporan pembelian berdasarkan periode tertentu, bisa dipilih-pilih
  2. Laporan pembelian berdasarkan supplier, bisa dipilih atau dipilih semua
  3. Laporan pembelian berdasarkan barang, bisa dipilih atau dipilih semua
  4. Laporan return pembelian berdasarkan periode (tanggal,bulan)
  5. Laporan penerimaan return pembelian
  6. Laporan penjualan berdasarkan periode tertentu, bisa dipilih
  7. Laporan penjualan dan omset berdasarkan tanggal
  8. Laporan penjualan berdasarkan pelanggan, bisa dipilih atau dipilih semua
  9. Laporan penjualan berdasarkan barang, bisa dipilih atau dipilih semua
  10. Laporan penjualan berdasarkan counter (meja kasir)
  11. Laporan penjualan berdasarkan kategori barang, bisa dipilih atau semua
  12. Laporan penjualan berdasarkan member, bisa dipilih atau semua
  13. Laporan penjualan ke cabang, bisa dipilih atau semua
  14. Laporan penjualan by card (BCA, BNI,DLL…)
  15. Laporan penjualan by operator
  16. Laporan penjualan per Jam
  17. Laporan Return penjualan berdasarkan periode (tanggal dan bulan)
  18. Laporan Komisi SPG (operator) -> karyawan yang aktif melayani pelanggan akan mendapatkan komisi yang lebih
  19. Laporan stok barang ada -> Mencetak laporan stok barang yang tersedia
  20. Laporan stok barang berdasarkan total kategori yg ada
  21. Laporan stok barang yang rusak/gagal (BS)
  22. Laporan stok opname
  23. Price List/harga Barang
  24. Laporan stok barang yang sudah limit
  25. Laporan stok barang yang overload (kelebihan pesanan)
  26. Laporan koreksi stok/perubahan stok
  27. Price list -> Mencetak laporan price list (daftar harga)
  28. Laporan kartu stok barang pertanggal, perbulan -> sehingga manajemen bisa melihat perubahan stok yang terjadi tiap hari, stok masuk, stok keluar dan sisa stok untuk hari berikutnya
  29. Laporan point member dan karyawan
  30. Laporan pengeluaran berdasarkan periode (tanggal,dan bulan)
  31. Laporan pengeluaran berdasarkan kategori pengeluaran
  32. Laporan kas (NON Garansi – masih pengembangan) -> mencetak jumlah saldo kas yang tersedia dan history debit dan kreditnya
  33. Laporan mutasi kas
  34. Laporan laba rugi disediakan dalam bentuk text maupun grafik
  35. Laporan hutang
  36. Laporan hutang jatuh tempo
  37. Laporan histori pembayaran hutang berdasarkan periode
  38. Laporan histori pembayaran hutang berdasarkan supplier
  39. Laporan piutang
  40. Laporan piutang jatuh tempo
  41. Laporan histori pembayaran piutang berdasarkan periode(tanggal)
  42. Laporan histori pembayaran piutang berdasarkan pelanggan, member,dan cabang
  43. Laporan mutasi hutang piutang
  44. Analisa Umur piutang
  45. Laporan tagihan piutang untuk sales
  46. Laporan Point member dan karyawan
  47. Melihat histori pembakaian barang
  48. Barcode Scanner -> Softwre support membaca barcode scanner
  49. Automatic Update Online (software minimarket support update langsung terhubung ke internet), jika update sudah tersedia
  50. Service Customer Online (program bisa kirim email ke admin untuk konsultasi dan komplain)
  51. Print Nota Penjualan dalam berbagai format (struk kecil, struk sedang, struk besar/faktur)
  52. Registrasi (pemesanan) dapat dilakukan secara otomatis online di software minimarket

Fitur terbaru SID Retail PRO Version 5.0.6.3

  1. Harga Jual bertingkat untuk penjualan dengan qty berbeda (ctt : beli 4 : harga 5000, beli 5 : harga 4500, dst)
  2. Diskon persentase berbeda untuk penjualan dengan qty berbeda (ctt : beli 4 : diskon 5%, beli 5 : harga 7%, dst)
  3. Diskon rupiah untuk penjualan dengan qty berbeda (cth : beli 3 : diskon Rp 500, beli 5 : Diskon Rp 1.000, dst)
  4. Penjualan diatas quantity sekian, mendapatkan barang dengan harga sekian, atau mendapatkan barang dengan diskon sekian
    contoh :
    Beli Aqua sbyk 2 buah dpt chocolatos 1 buah gratis
    Beli Aqua sbyk 1 buah dpt chocolatos dgn diskon 5%
    Beli Aqua sbyk 1 buah dpt oreo seharga 1000
  5. Diskon yg berlaku tersebut terdapat periode nya, mulai dan berkahirnya pada tanggal yang di setting
  6. Pembelian minimal “n” rupiah dapat item “n” seharga “Rp n” ato “n” diskon”
    contoh : jika total belanja user udah sampai Rp. 200.000; maka user dapat gula pasir 1 kg seharga RP. 10.000, atau diskon 10 %,

Fitur terbaru SID Retail PRO Version 5.0.9.2

  1. SID Retail PRO versi terbaru sudah support untuk penggunaan Pole Display
  2. Penjualan support untuk diskon berlipat, sebagai contoh barang dijual harga 15.000 kemudian di diskon 50%, tambah lagi 20, tambah lagi 10, saat penjualan penulisan diskonnya 50+20+10
  3. Tambah menu laporan stok barang minus

    Fitur terbaru software SID Retail PRO Version 6.0.2.5

    1. Penambahan opsi dilevel akses (nomor faktur bisa di edit atau tidak saat penjualan dikasir)
    2. Penambahan opsi dilevel akses, karyawan boleh atau tidak melihat harga beli dan margin barang
    3. Penambahan opsi penyamaran harga beli dimaster barang (harga beli asli diganti dengan kode2 tertentu, hanya owner yang tau artinya)
    4. Penambahan satuan dimaster barang, yang sebelumnya sid retail pro hanya 2 satuan, dan saat ini sudah ada 3 satuan disetiap barang”
    5. Penambahan kode barcode pada tiap tiap satuan (diinput jika satuan PCS atau BOX kode barcodenya berbeda, diabaikan jika sama)”
    6. Perbaikan bugs fitur diskon dan set harga bertingkat diversi sebelumnya”

Update terbaru SID Retail PRO 6.0.5.4

  1. Perbaikan fitur webreport (pemindahan server) dan peningkatan kecepatan akses dan posting
  2. Perbaikan bugs transaksi jual pada saat ada transaksi pengisian DP penjualan barang(error pada versi sebelumnya)
  3. Penambahan index itempenjualan untuk mempercepat proses transaksi dan pencarian data
  4. Covered transaksi hutang piutang masuk ke laporan tutup kasir
  5. Perbaikan transaki dan laporan untuk penjualan menggunakan Debit atau Credit Card

Update terbaru SID Retail PRO 6.0.5.5 

  1. Penambahan Opsi Jenis Operator pada laporan penjualan by periode
  2. Harga jual barang bisa di setting berdasarkan group pelanggan
    Harga tiap – tiap barang bisa diinput berdasarkan group (kelompok) pelanggan, memungkinkan harga jual bisa berbeda pada setiap pelanggan
  3. Penambahan field group harga di master pelanggan, dan detail harga per group dimaster barang
  4. Penambahan nota struk transaksi pada saat pembayaran hutang dan piutang
  5. Penambahan fitur komisi sales berdasarkan nilai yang ditentukan pada setiap barang
    Versi sebelumnya sudah ada komisi sales, hanya saja penambahan opsi, komisi bisa berdasarkan persentase laba penjualan atau berdasarkan nilai yang ditentukan pada setiap barang

untuk info lebih lanjut silahkan klik disini atau disini

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,