Kalian pernah gak sih, ketika sedang menggunakan komputer eh tiba – tiba suka mati sendiri. itu sebenarnya sebuah masalah umum yang sering banget terjadi saat kita menggunakan komputer. Sebenernya bukan hanya itu saja loh masalah yang umum yang sering terjadi di komputer. Nah, Kali ini kita akan membahas nih mengenai apa saja sih Masalah umum pada komputer. yukk langsung aja kita bahas …

Masalah umum pada Komputer

1. Komputer sering mati sendiri

PC atau  Laptop yang sering mati secara tiba-tiba saat kita bekerja dapat membahayakan data yang kita kerjakan, karena ketika kita sedang mengerjakan sesuatu dan secara tiba – tiba komputer atau laptop kita mati sehingga dapat menyebabkan data yang kita kerjakan belum tersimpan dan hilang. Nah, masalah ini dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu  :

Sistem Operasi Bug : Ini bisa jadi karena kita salah menginstall Aplikasi atau Driver tertentu. Efeknya lumayan berpengaruh lho.

Sistem Tidak Stabil : Sistem bisa saja tidak stabil saat dipakai. Memang sih nggak begitu masalah, namun jika sudah Crash, biasanya Komputer akan tiba-tiba mati.

RAM Rusak : Hubungannya sama Bluescreen sebenarnya. Namun bukan Restart yang terjadi, melainkan Komputer langsung shutdown.

VGA Rusak : Saya pernah mengalami ini sebelum VGA rusak (No Display). Salah satu cirinya, PC saya kadang suka tiba-tiba mati. Padahal cuma dipakai dengar lagu.

Processor Terlalu Panas : Jadi gini lho, di Motherboard itu terdapat limitasi suhu, yang menjaga Processor agak tidak kepanasan. Nah, kalau limitasi tersebut terlewati, maka Komputer akan otomatis mati sendiri.

Power Supply : Dan tentu saja yang paling pengaruh itu ada di Power Supply (PSU). Entah itu karena kurang sesuai dengan spek, atau kualitasnya kurang bagus.

2. Blue Screen

saat kita menggunakan laptop atau komputer pasti kita pernah mengalami blue screen, Blue screen merupakan sebuah kondisi yang dimana tiba-tiba monitor PC atau laptop kita berwarna biru dan terdapat tulisan yang tidak kita mengerti. Banyak pengguna Windows yang mengalami masalah Blue screen pada PC mereka, hal ini bukanlah perubahan background pada PC kita melainkan sebuah  masalah atau kesalahan yang terjadi pada komputer kita.

Hal ini dapat disebabkan oleh :

 

3. Loading atau kinerja yang lambat

Masalah lain yang sering terjadi pada PC adalah loading lambat atau PC tiba-tiba berjalan sangat lambat. Jika hal ini terjadi, masalah ini mungkin bukan disebabkan adanya kerusakan pada komponen PC. Jadi, jangan buru-buru membeli komponen baru untuk mengganti komponen yang Anda anggap rusak. Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa memantau terlebih dulu proses yang sedang berlangsung saat Anda bekerja, apakah PC mampu menjalankan program yang berat atau tidak. Yang kedua, cobalah untuk mengatur aplikasi apa saja yang dibutuhkan, bisa jadi PC lambat karena terlalu banyak aplikasi berat.

Sekian artikel yang saya buat , terima kasih telah berkunjung dan sampai ketemu dilain kesempatan ^_^

sumber : komputer