Terpopuler:

Jenis & Fungsi Printer

31 May 2021 - Kategori Blog

Jenis & Fungsi Printer

Jenis & Fungsi Printer

Selamat Datang Di Blog PerangkatKasir,Kali ini kita akan menerangkan tentang Jenis & Fungsi Printer,Yuk Langsung aja kita masuk ke pembahasan.

Firstly Langsung aja kita masuk ke pembahasan Jenis-Jenis printer

1.INK PRINTER JET

Jenis & Fungsi Printer

Jenis Printer ink jet sangatlah umum digunakan oleh masyarakat,Jenis Printer ink jet menggunakan tinta berkualitas untuk mencetak tulisan dan gambar dengan hasil warna yang sangat bagus.Namun,Kekurangan dari printer jenis ink jet yakni tidak dapat mencetakm lebih dari 1 rangkap dan harga tinta yang original relatif sangat mahal

2.Laser Jet

Jenis & Fungsi Printer

Printer laser jet merupakan jenis printer yang dapat menggunakan laser pada proses pencetakannya. Laser printer prinsip kerjanya hampir sama dengan mesin-mesin fotocopy. Kecepatan mencetak printer Laser Jet ini adalah 8 halaman per menit. Kualitas hasil cetak printer  laser jet pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan gambar aslinya.

Printer Laser Jet Sama dengat printer ink jet, printer jenis laser jet ini juga bisa diatur jenis-jenis warna tintanya serta printer ini dapat bekerja sangatn cepat dan catridge-nya biasanya bertahan cukup lama.  Kualitas hasil cetak printer laser jet juga dapat dibilang cukup tajam.

Printer laser jet sangat cocok digunakan untuk seseorang yang frekuensi mencetaknya dalam jumlah yang sangat banyak karena printer laser jet ini cukup menghemat tinta.printer jenis laser jet ini mempunyai kekurangan yaitu harganya yang cukup mahal serta mesin yang sangat cepat panas.

3.Plotter

Jenis & Fungsi Printer

Perkembangan Tekhologi Yang Berkembang Pada zaman ini,zaman nya Era Digital,Memaksa kita untuk lebih update dengan perkembangan produk-produk tekhnologi yang bermunculan pada zaman ini yaitu zaman nya Era Digital.salah satu produk yang ikut berkembang yaitu printing.

berikut ini adalah jenis-jenis mesin printer:

Firstly yaitu Plotter Pena

1.Plotter Pena

Plotter pena dapat bekerja dengan satu pena atau bisa juga beberapa pena dengan bermacam-macam warna untuk menggambar pada media atau bahan. Pada jenis plotter pena, pena tidak dapat menghasilkan input titik-titik, namun berupa garis yang berkesinambungan.

secondly yaitu Plotter Elektrostatis

2.Plotter Elektrostatis

Plotter Elektrostatis dapat bekerja dengan menciptakannya muatan-muatan listrik pada kertas, lalu muatan-muatan itu dapat menarik tinta pada kertas untuk proses mencetak. Pada jenis Plotter Elektrostatis , kualitas gambar lebih rendah  daripada jenis plotter pena, namun kelebihan Plotter Elektrostatis dapat bekerja lebih cepat dan harganya pun lebih murah.

Thirdly yaitu Plotter Thermal

3.Plotter Thermal

Plotter Thermal  bisa memakai/menggunakan pin yang dipanasi secara elektronis. setelah itu pin dilewatkan pada jenis bahan yang peka terhadap panas untuk membentuk gambar. Pada jenis ini bisa dipakai untuk mencetak kertas dan film.

Fourthly Plotter cutting

4.Plotter Cutting

plotter cutting ini menggunakan pisau yang sangat khusus untuk memotong suatu bahan dengan mengikuti pola yang ditentukan. Pola dapat berupa logo,tanda atau desain-desain lainnya yang diperlukan. Pola ini dibuat dengan komputer, lalu  pola ini dimasukkan ke dalam mesin dan kemudian pisau berjalan sesuai perintah atau pola yang dikirim ini.

lastly Printer Large Format 

5.Printer Large Format

Printer Large Format ini dapat dipakai/digunakan untuk peng aplikasian yang sama dengan plotter konvensional. Namun printer large format ini dilengkapi dengan fitur-fitur & teknologi yang  canggih untuk pencetakan komersial. Printer large format ini sebagian besar dapat  digunakan untuk mencetak  poster ,banner dll. Tentunya, mesin plotter ini memiliki kelebihan yang lebih unggul dari mesin-mesin printer lainnya.

Beberapa media yang biasa dipakai untuk pecentakan plotter atau wide format printing adalah:

Firstly -Spanduk

Secondly – Banner

Thirdly -Kartu nama

Fourthly – ID Card

Lastly -selebaran/brosur

4.Printer Thermal/POS Printer

Firstly Printer Thermal merupakan jenis printer yang dapat memanfaatkan panas untuk mencetak.sesuai namanya,Printer Thermal iini merupakan printer yang tidak memakai pin seperti dot Matrix,dan penggunaan produk tekhnologi  thermal ini membuat printer tidak mengeluarkan suara sama sekali pada saat proses pencetakan,Printer Thermal ini  biasanya berbentuk ukuran yang kecil,dan banyak digunakan untuk mencetak struk,seperti:

Firstly -Karcis Parkir

secondly – Mesin ATM

Thirdly – Printer Thermal

Fourthly -Nota Pembelian

Lastly – Transaksi kartu debit pada mesin edc

5.Direct To Garment Printer (DTG)

Jenis Printer Direct To Garment.sesuai dengan namanya, Secondly printer Direct To Garment merupakan printer yang media cetaknya bukan kertas,Melainkan menggunakan bahan-bahan hasil produk Garment,Tekstil dan juga kain.Printer Direct To Garment ini banyak digunakan secara khusus  untuk usaha-usaha sablon kaos dll.berikut ini beberapa hasil produk garment yang bisa menjadi media printer direct to garment ini adalah:

Firstly -Saputangan

Secondly -Kaos Polos

Thirdly -sarung bermotif bahan cottong combed

Lastly -( kain untuk dicetak menjadi bahan bermotif)Dan bebagai media kain serta garment yang lainnya.

Urutannya:

Firstly -INK Printer Jet

secondly -Laser Jet

thirdly -Plotter

fourthly -Printer Thermal

lastly – Direct To Garment(DTG)

sekian dari kami membahas artikel tentang jenis-jenis printer beserta fungsinya,firstly jadikanlah artikel ini untuk menambah ilmu pengetahuan tentang tekhnologi” di zaman eEra Digital ini,Secondly semoga artikel ini bermanfaat.

Thirdly jangan pernah bosan” membaca karna membaca adalah gudangnya ilmu

forthly jangan lupa kunjungi artikel kami yg lainnya

Untuk info lebih lanjut hub kami ke:

Contact Us :
PerangkatKasir

lastly Jangan lupa untuk mengunjungi Channel Youtube kami : https://www.youtube.com/channel/UCOqx7i2ZBnLxWGVh1L5DT4g

Spesialis Barcode & Alat Kasir
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan,
Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara, Bekasi 17123 Telp. (021)8838 2929

CS:

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100

 

 

 

Untuk info lebih lanjut hub kami ke:

Contact Us :
PerangkatKasir

Dan Jangan lupa untuk mengunjungi Channel Youtube kami : https://www.youtube.com/channel/UCOqx7i2ZBnLxWGVh1L5DT4g

Spesialis Barcode & Alat Kasir
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan,
Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara, Bekasi 17123 Telp. (021)8838 2929

CS:

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100