Terpopuler:

Asal Muasal Barcode

04 November 2019 - Kategori Blog

Asal Muasal Barcode

Asal Muasal Barcode

Asal Muasal Barcode Barcode batang  pertama kali di perkenalkan oleh dua orang mahasiswa Drexel Institute of Technology, yang bernama Bernard Silver dan Norman Joseph Woodland di tahun 1948. Mereka mendaftar hak paten atas inovasi tersebut pada tahun 1949 dan di izinkan pada tahun 1952. Namun pada awal tahun 1996  penemuan mereka baru di gunakan di dunia komersial. Pada akhirnya Barcode tidak begitu sukses hingga tahun 1980-an.

Namun demikian pada hari ini hampir semua produk,mulai dari minuman,makanan,pakaian,hingga sabun mandi dan hampir di seluruh toko-toko dan pusat perbelanjaan di lengkapi dengan barcode. Walter SatterWaite a.k.a Konsultan dari Masterfood mengatakan bahwa kemunculan barcode batang telah membantu semua pusat perbelanjaan di dalam bumi.

Dan di tahun 1994  di negara sakura yaitu jepang sebuah perusahaan yang bernama Denso Coorperation untuk pertama kalinya di kenalkan ke publik yaitu Code QR Barcode atau Quick Response. Code QR sendiri adalah evolusi dari Barcode batang , yaitu dari 1 dimensi ke 2 dimensi yang berarti QR Code memiliki kapasitas tinggi dalam pengkodean data. QR Code dapat menyimpan semua jenis data seperti data numerik, alphabetis, kanji, hana, simbol, hiragana, dan bahkan kode biner. QR Code dapat menyimpan numerik sebanyak 7.089 karakter, data alphanumerik sebanyak 4.296 karakter, kode bineri sebanyak 2.844 byte, dan huruf kanji sebanyak 1.817 karakter. bukan hanya itu, QR Code berukuran lebih kecil dari Barcode batang.

perangkatkasir.co.id

Cara Kerja Kode QR dan kode batang

Informasi yang ada di dalam sebuah kode QR bermacam-macam tergantung keinginan pengguna, misalnya pada situs-situs di internet biasanya kode QR berisi link download atau link ke suatu situs tertentu. HP yang memiliki fitur pemindaian kode QR bisa langsung download atua mengunjungi situs tersebut dengan mudah tanpa harus ribet seperti mencari dan mengetikkan kata kuncinya. Pengguna hanya perlu mengarahkan pemindaian yang ada di HP ke arah kode QR yang ada,

Sedangkan Kode batang dapat dibaca oleh pemindai optik yang disebut pembaca kode batang atau dipindai dari sebuah gambar oleh perangkat lunak khusus

Sekian penjelasan saya tentang Asal Muasal Kode Barcode, sekian terimakasih dan sampai ketemu kembali:)

, , , , , , , ,