Terpopuler:

10 Tips Komunikasi Yang Baik Dan Benar Kepada Pelanggan

23 May 2022 - Kategori Blog

10 Tips Komunikasi Yang Baik Dan Benar Kepada Pelanggan

10 Tips Komunikasi Yang Baik Dan Benar Kepada Pelanggan

 

10 Tips Komunikasi Yang Baik Dan Benar Kepada Pelanggan

Komunikasi disini bukan hanya sekedar menyampaikan informasi tanpa memperhatikan perasaan orang lain, tapi komunikasi yang diberi muatan khusus akan sasaran / target yg ingin dicapai. Berikut adalah kesepuluh cara tersebut:

1. Ciptakan first impressions yang mengesankan

Ciptakan first impressions yang luar biasa. Tidak akan ada kesempatan kedua untuk membangun kesan pertama. Kesan ini dapat diciptakan melalui senyum yang tulus, pakaian yang sopan, jabat tangan yang hangat, menepati janji yang telah dibuat, bahasa tubuh yang sopan, jujur dan terstruktur saat bicara, dan sejenisnya.

2. Gunakan kalimat yang mudah dimengerti

Para komunikator tidak dianjurkan untuk menggunakan kata – kata yang rumit dan susah dimengerti supaya tidak mengaburkan substansi pesan dan juga bisa melelahkan pendengarnya. Bahkan bisa terjadi kesalahpahaman jika kata – kata yang digunakan terlalu panjang atau susah dimengerti.

3. Keep smile

Senyuman itu sedekah yang paling mudah dilakukan, Senyuman itu seperti cermin. Jika Anda tersenyum balasannya pasti juga senyuman. Berikan senyuman yang manis untuk lawan bicara agar dia pun merasa dihormati dan di hargai.

4. Be helpful.

Ketersediaan untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh konsumen /pelanggan kapanpun mereka menginginkannya. Supaya konsumen pun terasa nyaman karena kita selalu menolong ketika dia membutuhkan.

5. Gunakan kalimat positif

Konsumen /pelanggan mengharapkan kata – kata yang positif karena rangkaian kata ini akan membuat pendengarnya optimis, percaya diri, semangat, inovatif, kreatif, enerjik, bahagia dan sejenisnya.

6. Bicara dengan nada rendah dan memulai pembahasan yang menarik

Konsumen / pelanggan tertarik pada kata – yang diucapkan dengan penuh semangat karena pembahsan yang menarik akan memulai keakraban antara pengusaha dan pelanggan.

7. Mainkan Mata seolah Mata berbicara

Konsumen / pelanggan akan lebih merasa nyaman bila tatapan mata hormat, bermartabat dan sopan ditampilkan kepada pelanggan.

8. Be sincere

Ketulusan, walaupun tidak bersuara akan terdengar dan terlihat jelas melalui mimik wajah dan gerak gerik bahasa tubuh.

9. Keep your emotion

Para sales people tidak boleh terpancing emosi negatif saat ada keluhan / komplain yang diungkapkan secara tidak simpatik oleh para konsumen. Setiap sales people harus bisa sabar dan melayani dengan baik dan sopan.

10. Jaga attitude anda

Yang lebih penting dan bernilai buat para konsumen / pelanggan itu bukanlah konstruksi atau dekorasi luar seseorang. Yang ada di dalam lah yang sejatinya jauh lebih menetukan nilai diri seseorang. Karena di zaman milenial sekarang attitude number one, jika attitude anda buruk kemungkinan pelanggan tidak akan menjadi pelanggan setia anda.

Contact Us :
PerangkatKasir

Lastly Jangan lupa untuk mengunjungi Channel Youtube kami disini

Spesialis Barcode & Alat Kasir
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan,
Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara, Bekasi 17123 Telp. (021)8838 2929

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100