Terpopuler:

Cara Kerja & Pengertian Printer Barcode

29 May 2021 - Kategori Blog

Cara Kerja & Pengertian Printer Barcode

Selamat Datang Di Blog PerangkatKasir,Kali ini Kita akan menerangkan tentang Cara Kerja Dan Pengertian Printer Barcode,Yuk lanjut Ke pembahasan.

JENIS-JENIS SCANNER BARCODE

Firstly kami akan menjelaskan Jenis Jenis Scanner Barcode Serta manfaat dan cara penggunaannya, scanner dapat dibagi menjadi beberapa jenis :

1.Flat bed

Cara Kerja & Pengertian Printer Barcode
Jenis Flat Bed adalah jenis yang paling banyak kalian jumpai, yaitu karena harganya relatif sangat murah, cocok untuk digunakan pribadi. secondly Jenis Flat Bed  juga dapat dicirikan dari bentuknya yang berbentuk persegi panjang.lastly Jenis Flat Bed Memiliki sebuah papan penutup, dan lapisan kaca tempat meletakkan gambar. Untuk menggunakannya anda harus meletakkan gambar satu persatu untuk setiap pengambilan gambar.

Secondly Yaitu Utomatic Document Feeder

2.Utomatic Document Feeder

Cara Kerja & Pengertian Printer Barcode
Firstly Jenis Utomatic Document Feeder mempunyai kelebihan kemudahan dalam penggunaan. Anda dapat meletakkan gambar-gambar yang akan dibaca, secondly alat ini secara otomatis akan mengambil sendiri gambar-gambar tersebut dan membacanya, untuk selanjutnya disimpan sebagai file dijital. Harganya sudah tentu lebih mahal dibanding jenis flat bed. Jenis ini memang cocok untuk perkantoran yang memiliki banyak gambar yang akan di-scan.

Thirdly Yaitu Andheld

3.Andheld

Jenis ini membutuhkan keterampilan yang lebih dari penggunanya. Pengguna dengan tangannya akan menggerakan scanner ini di atas gambar yang akan dibacanya. Karena proses pembacaan data oleh scanner sangat sensitif, maka gambar yang dihasilkan kualitasnya kurang baik, akibat kecepatan gerakan yang tidak rata. Umumnya scanner jenis ini bersifat monochrome, atau tepatnya hanya dapat menghasilkan warna hitam putih saja.

Lastly Drum

 4.Drum

Jenis Drum adalah jenis-jenis yang awal dikembangkan . Namun karena harganya relatif mahal, maka jenis ini sudah tidak banyak digunakan. Banyak orang beralih menggunakan jenis flatbed berkualitas tinggi. Tetapi jenis ini masih tetap digunakan oleh pihak-pihak yang membutuhkan kualitas yang baik, seperti museum atau seniman yang akan menyimpan hasil kerja seninya.

Berdasarkan objek yang dipindai/dibaca

Firstly yaitu Image Scanner

1. Image Scanner

Scanner ini digunakan untuk memindahkan gambar

Types

The main types of scanner

Firstly –Hand scanner. The device is moved on the paper by hand. It was popular during the 1990s.

Secondly –Rotary scanner (drum scanner) used for fast scanning large numbers of sheets of paper.

Thirdly –Smartphone scanner scans a document by taking a photo with the smartphone’s camera.

Lastly -Desktop scanner (flatbed scanner). This is probably the most popular type. An object to be scanned (picture, image, text sheet) is put on the glass. Under the glass, there is a moving Image Sensor.

Producers

Firstly – Hp

Secondly -Lexmark

Thirdly -Canon

Fourthly- Mustek

Lastly -Plustek

Secondly Yaitu OCR

2. Optical Character Reader (OCR)

Scanner ini digunakan untuk mengambil teks dari kertas yang dipindai.

Firstly Pendahuluan

1.PENDAHULUAN

Optical character recognition (OCR) adalah proses konversi gambar huruf menjadi karakter ASCII yang dikenali oleh komputer. Gambar huruf yang dimaksud dapat berupa hasil scan dokumen, hasil print-screen halaman web, hasil foto, dan lain-lain (Mohammad, Anarase, Shingote, & Ghanwat, 2014).

Salah satu kebutuhan mengapa perlu konversi gambar huruf menjadi karakter ASCII adalah karakter ASCII memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih kecil. Contohnya, suatu paragraf di-printscreen dan disimpan dalam format png. Paragraf tersebut juga dapat copy ataupun disimpan dalam format txt. Untuk file gambar, memiliki size 42KB, sedangkan untuk file teks, lastly memiliki size 1KB. Dari sini bisa terlihat bahwa file gambar akan selalu relatif lebih besar ketimbang menyimpan langsung teks ASCII-nya saja.

Secondly Yaitu Tinjauan Pustaka

2. Tinjauan Pustaka

  • Optical Character Recognition (OCR)

Character Recognition bertugas untuk mengenali tulisan didalam mengenali karakter tulisan dalam gambar dan merubahnya kedalam American Standad Code for Information Interchange (ASCII) atau bahasa mesin lainnya yang setara dan dapat diedit. Terdapat dua macam Character Recognition, antara lain: Offline dan Online Character Recognition (Rao, Sasrty, Chakracarthy, & Kalyanchakravarthi, 2016).

Thirdly yaitu Barcode Scanner

3. Barcode Scanner


Scanner ini mampu membaca balok-balok barcode dalam bentuk alphabet.

Lastly Yaitu Heuristik Scanner

4. Heuristik Scanner

Scanner ini dapat membaca kode-kode berdasarkan aturan tertentu.

CARA MERAWAT SCANNER:

Berikut ini adalah tips agar scanner anda tetap baik dan tidak ada masalah pada scanner anda, tips/caranya yaitu :

Firstly, Bersihkan bagian luar scanner dengan kain lembut, hindari penggunaan kain yang kasar, karena bisa menimbulkan goresan.
Secondly, Jangan menggunakan campuran acetone, bensin, atau karbon tetrakhlorida pada permukaan kaca dari scanner. Hal ini bisa merusak lapisan kacanya.
Thirdly, Jangan menggunakan bahan yang mengandung alkohol isoprofil pada bagian kaca tersebut, karena meninggalkan noda dan membuat buram kacanya.
Fourthly , Matikan scanner, dan cabut colokan listriknya. Buka tutup covernya, bersihkan lapisan kacanya dengan kain yang lembut, yang bisa dibubuhi pembersih kaca yang ringan.Bubuhkan pembersih tersebut pada kain terlebih dahulu, jangan langsung ke kacanya. Lalu, sekalah perlahan-lahan dengan kain lembut yang bersih.
Lastly , Setiap kali selesai menggunakan scanner, bila tidak dipakai dalam waktu lama, sebaiknya adaptornya dicabut, agar tidak panas. Atau ditambah tombol On/Off di colokannya.

-Biasakan menggunakan cover untuk scanner saat selesai menggunakan alat tersebut.

Sekian Artikel Tentang Cara Kerja & Pengertian Printer Barcode,Firstly Jadikanlah Artikel ini untuk menambah ilmu,secondly semoga artikel ini bermanfaat.

Thirdly Jangan Bosan” Membaca Karna membaca adalah gudangnya ilmu

Lastly Jangan Lupa Baca Artikel Kami Yang lainnya

Jangan Lupa Mampir Ke web Kami

Perangkatkasir.co.id

Untuk info lebih lanjut hub kami ke:

Contact Us :
PerangkatKasir

Firstly Jangan Lupa Mampir ke Website Kami

Lastly Jangan lupa untuk mengunjungi Channel Youtube kami : https://www.youtube.com/channel/UCOqx7i2ZBnLxWGVh1L5DT4g

Spesialis Barcode & Alat Kasir
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan,
Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara, Bekasi 17123 Telp. (021)8838 2929

CS:

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100