Saat menjalankan program Ipos, kita harus rajin melakukan perawatan agar dapat meminimalkan masalah yang ada pada perusahaan. Berikut beberapa tips dan trik yang bisa kita gunakan dalam melakukan perawatan :

1. Update program Ipos ke versi terbaru

Dengan upgrade versi suatu software dapat membuat kinerja dari software tersebut bekerja lebih baik dibandingkan sebelumnya dan menghilangkan beragam bug dari versi sebelumnya dan mendapatkan banyak fitur baru.

2. Rajin Melakukan Back Up secara berkala

Data adalah sebuah aset dalam perusahaan, maka dari itu perlu dilakukan pengamanan berlapis untuk melindunginya, dengan melakukan backup secara berkala, anda tidak akan panik jika terjadi problem karena data masih bisa di restore dan operasional akan berjalan seperti semula.

3. Memastikan stok akurat dan kartu stok

Stok juga termasuk aset dalam perusahaan maka dari itu perlu dilakukan pengawasan terhadapnya, di program toko ipos 5, penyebab stok antara lain :

proses imput data pembelian yang salah, proses transaksi penjualan yang mungkin ada yang terlewat, ada item masuk atau item keluar yang lupa di imput, dan melakukan perubahan satuan dasar, karena itu IPOS 5 terdapat beberapa report untuk mengecek selisih stok antara lain ; kartu stok, laporan mutasi item dan tool seperti proses perbaikan stok, Analisa Kesalahan Sistem, dan stok Opname,

4. Melakukan Proses Tutup Tahun

Program Ipos

Suatu perusahaan dengan berbagai unit kegiatan usaha. Setiap periode harus mempertanggungjawabkan kegiatan serta hasil pengelolaan dan kinerja keuangannya kepada manajemen sebagai pengelola perusahaan. Selanjutnya, manajemen atau dewan direksi perusahaan akan mempertanggungjawabkan hasil pengelolaan keuangan dan kinerja perusahaan tersebut kepada pemegang saham sebagai pemilik perusahaan.

Hasil pengelolaan yang dicapai oleh manajemen tercemin dalam laporan posisi keuangan (neraca), laporan laba rugi komprensif merupakan laporan yang menunjukan kemampuan perusahaan menghasilkan laba dalam rangka mengelola asset perusahaan yang ada.

5. Memasang Anti Virus

Antivirus adalah hal yang wajib ada jika anda terhubung ke internet dan komputer sering digunain untuk keperluan lain, di sini saya masukan kedalam tips karena ada beberapa kasus dimana, ada beberapa virus yang memberhentikan service program sehingga program ipos 5 tidak bisa berjalan normal. gunakanlah antivirus yang terpercaya.

6. Menggunakan UPS

yang terakhir adalah mengamankan perangkat keras/mesin kasir anda, dengan menggunakan UPS, maka komputer anda tidak mati langsung saat listrik padam, sehingga anda mendapat waktu untuk menyelesaikan dan menutup semua program dan mematikan komputer secara normal, dan UPS biasanya sudah terdapat stabiliser karena sebagian besar elektronik rusak karena listrik tidak stabil, yang secara tidak langsung memperpanjang masa pakai komputer kasir anda.

 

Sekian itulah beberapa cara yang bisa kita gunakan dalam melakukan perawatan program Ipos 5 terima kasih telah berkunjung ke blog kami sampai ketemu dilain kesempatan  ^_^

sumber : Ipos