Harddisk Merupakan salah satu komponen yang penting dalam sebuah komputer. jadi apabila harddisk mengalami kerusakan maka hal tersebut akan mempengaruhi kinerja komputer kita, seperti komputer menjadi lemott bahkan mati sendiri. Nah, apabila harddisk kita mengalami kerusakan maka salah satu solusinya yaitu memformat harrdisk tersebut. Cara Memformat Harddisk

Proses format dapat kita lakukan baik pada harddisk internal maupun eksternal Ada beberapa alasan yang membuat seseorang melakukan proses pemformatan pada harddisk milik mereka. Beberapa alasan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Harddisk yang penuh

Harddisk yang penuh pastinya dapat menyebabkan komputer kita terkadang error. Harddisk yang penuh tentu dapat menimbulkan masalah dan mengganggu kinerja komputer. Hal tersebut juga membuat harddisk berkemungkinan menjadi error juga semakin besar jika harddisk dibiarkan menjalankan aplikasi dalam keadaan kapasitas penuh. Hal tersebut dapat menimbulkan gangguan dalam pembacaan dan penulisan data.

2. Terlalu Banyak Error

Bug, registry, dan aplikasi crash menjadi masalah serius dan menimbulkan error yang banyak. jika hal ini terus kita biarkan maka dapat menimbulkan masalah serius pada komputer tersebut.

3. Kinerja Harddisk Lambat

Seiring berjalannya waktu, kinerja harddisk semain lama akan menurun jika kita tidak merawat harddisk dengan baik. dan untuk mengatasi masalah ini salah satunya adalah dengan memformat agar kinerja dari harddisk kita menjadi lebih baik.

4. Terinfeksi Virus

Virus umumnya menjadi salah satu alasan untuk membuat seseorang memilih untuk melakukan format pada harddisknya. Jika berbagai cara sudah dilakukan oleh mereka solusi akhirnya pun diserahkan pada format harddisk. Beberapa infeksi virus juga merupakan penyebab harddisk eksternal tidak terbaca.

Cara Memformat Harddisk Eksternal di Windows.

Untuk memformat harddisk baik itu harddisk eksternal maupun internal. Alangkah baiknya anda melakukan pencadangan data – data penting yang mungkin ada pada harddisk anda. Memformat harddisk anda nantinya akan menghapus seluruh data yang tersimpan didalamnya. Oleh karena itu pastikan bahwa anda telah menyimpan semua data yang perlu anda simpan ke lokasi yang aman. Anda bisa memulihkan cadangan data anda yang telah anda buat ke harddisk yang telah anda format nantinya setelah selesai proses pemformatan harddisk.

Jika anda sudah memahami hal tersebut, untuk bagian pertama saya ingin membagikan cara memformat harddisk eksternal di Windows. Jadi langsung saja berikut merupakan cara memformat harddisk eksternal di Windows.

Pasang harddisk yang akan anda formatanda bisa menghubungkannya melalui colokan USB yang tersedia pada komputer anda. ( jika harddisk eksternal )

Bukalah jendela Computer/ My Computer/ This PC yang ada pada komputer Windows anda melalui menu Start atau dengan menekan tombol Win+E. Jendela ini akan menampilkan seluruh media penyimpanan yang terhubung dengna komputer anda saat itu.

Klik kanan pada harddisk yang hendak anda ingin format, lalu klik “Format”. Jendela pemformatan Windows nantinya akan terbuka.

Pastikan bahwa anda memilih harddisk yang benar karena nantinya semua data yang ada pada harddisk tersebut akan terhapus dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Pilih sistem berkas. Sistem berkas adalah cara harddisk mengatur dan mengkategoirkan berkas dan akan menentukan kompatibilitas harddisk. Pilihlah pilihan FAT32 atau exFAT.

Jika anda menginginkannya anda bisa memberikan nama pada harddisk anda.

Putuskan apakah anda ingin menggunakan Quick Format. Quick Format akan memformat harddisk anda lebih cepat dari proses format standar, dan cukup baik bagi pengguna kebanyakan. Lakukan format standar, dan cukup baik bagi pengguna kebanyakan. Lakukan format standar hanya jika anda mencurigai harddisk anda bermasalah. Format standar memungkinkan anda untuk memperbaiki permasalahan tersebut.

Mulailah proses format dengan mengklik Start, kemudian klik OK untuk memberi konfirmasi bahwa anda mengerti bahwa seluruh isi harddisk pada harddisk yang hendak anda format akan terhapus.

tunggulah hingga proses format selesai setelah selesai disarankan restart komputer anda terlebih dahulu

 

ya, sekian artikel mengenai cara format harddisk semoga bermanfaat bagi para pembaca, dan terima kasih telah berkunjung blog kami sampai ketemu dilain kesempatan…

 

sumbert : Format Hardisk

https://www.perangkatkasir.co.id/blog/cara-memformat-harddisk-eksternal/