Setiap tahun teknologi yang ada semakin terus berkembang terutama dalam bidang elektronik.

pada zaman dahulu ukuran komputer sangat besar bahkan sebesar satu ruangan namun seiring berkembangnya teknologi ukuran komputer menjadi jauh lebih kecil dan bahkan sekarang sudah ada yang namanya Mini PC, yaitu sebuah komputer yang memiliki bentuk yang kecil dan ringan sehingga mudah dibawa.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai apa saja Perbedaan Mini PC dengan Dekstop PC

Perbedaan Mini PC dengan Desktop

1. Ukuran

Perbedaan yang paling terlihat antara mini PC dengan Desktop adalah ukurannya. Mini PC memiliki desain yang unik dengan ukuran yang kecil dan ringan sehingga mudah dibawa ke mana saja.

Sedangkan Desktop Memiliki ukuran yang jauh lebih besar sekitar 4x lipat dari Mini PC dan memiliki berat yang lebih,

2. Penggunaan Daya 

Selain ukuran, Penggunaan daya dari Mini PC juga lebih kecil dibandingkan Desktop PC yaitu sekitar 10 – 12 watt sedangkan penggunaan daya dari Desktop PC sekitar 20x lipat lebih besar dari Mini PC.

3. Komponen yang bisa diganti

Umumnya, prosesor mini PC tidak bisa diganti seperti pada desktop PC dan tidak ada kartu grafis terdedikasi.

Performa yang ditawarkan mini PC pun tidak sekencang desktop, khususnya untuk gaming dan program yang membutuhkan kinerja grafis yang kuat. Bahkan, mini PC yang didesain untuk gaming, seperti Intel NUC Hades Canyon, tidak menawarkan performa yang setara dengan desktop gaming tower.

Meskipun demikian, ada beberapa komponen mini PC yang bisa kamu ganti, yaitu memori dan media penyimpanan.

4. Keterbatasan Memori

RAM yang digunakan Mini PC berbeda dengan RAM Desktop PC Melainkan menggunakan RAM Laptop yang biasanya memiliki harga yang lebih mahal. Sementara itu, dari segi penyimpanan, sebagian mini PC hanya mendukung SSD M.2, yang meskipun lebih mahal, menawarkan kecepatan yang lebih tinggi.

Ya mungkin itu saja beberapa perbedaan antara Mini PC dengan Desktop PC Mohon maaf bila ada kesalahan saya ucapkan terima kasih bagi yang membaca dan sampai jumpa di lain kesempatan ^_^

sumber : Mini PC VS Desktop

untuk info lebih lanjut klik disini