Memasang CCTV

Pemasangan CCTV

Pada Kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara memasang CCTV sendiri tanpa dibantu oleh teknisi. Cara paling mudah adalah dengan mengikuti panduan manual atau googlink. Dalam Proses instalasi juga tidak jauh dari proses membuat instalasi listrik. Tentunya jika kita bisa memasang CCTV sendiri biaya yang kita keluarkan akan menjadi lebih murah.Memasang CCTV

Langkah Melakukan Pemasangan CCTV

  1. Pertama coba untuk menghitung jarak antara DVR dengan kamera yang sudah ditentukan titiknya. Hal ini yang akan menentukan jarak atau ukuran panjang dari kabel CCTV yang kita beli
  2. Coba Tes kabel yang anda beli dengan tester untuk memastikan kabel tidak ada yang putus
  3. Pilihlah Jenis dari kamer CCTV dan DVR sesuai Kebutuhan
  4. Siapkan alat-alat perkakas anda seperti bor, palu, tang potong dan jepit, solasi hitam, obeng plus dan min, tali tis, dan kabel roll.
  5. Bahan yang tidak diduga atau tidak dibutuhkan, terminal kuningan 4 lubang 1 pcs, kabel eterna sesuai kebutuhan (mulai dari stop kontak rumah anda ke tempat DVR yang sudah anda tentukan), klem kabel ukuran 12, steker 1 pcs, siku besi 2 pcs,
  6. Pada DVR langsung pasangkan Hardisk untuk tempat penyimpanan hasil rekaman dan minta tolong untuk disetting DVR nya (biasanya setiap toko akan memberikan jasa setting dvr secara gratis, jadi anda tinggal colok saja).
  7. Buatkan kabel cctv panjang 50 cm, Pasang Konektor BNC, lalu hubungkan kamera CCTV dengan DVR dan Monitor. Pastikan tampil gambar. Hal ini harus anda lakukan sebelum melakukan instalasi kabel, takutnya jika dilakukan instalasi terlebih dahulu takutnya terjadi kerusakan pada kamera cctv tidak menyala.
  8. Atur instalasi kabel agar terlihat rapi. (jangan potong kabel terlebih dahulu, sebaiknya pastikan anda memotong kabel ketika instalasi kabel dari kamera sampai DVR sudah sesuai baru lakukan pemotongan untuk menghindari jika saja kependekan).
  9. Sambungkan DVR ke Monitor/TV dan Nyalakan. Selesai.

 

  1. Problem pemasangan kamera CCTV

    Hal yang sering dialami ketika pasang Kamera CCTV sendiri adalah tidak tampilnya gambar. Pastikan kabel dalam keadaan baik, bisa saja waktu pemasangan kabel terlipat dan putus ditengah jalan. Maka anda harus memperhatikan poin pada 5 diatas. Untuk lebih jauh mengapa kamera cctv tidak tampil sebaiknya anda membaca artikel sebelumnya secara lengkap.

    Kesimpulan

    Jadi kesimpulannya adalah ketika anda membeli lakukan setting ditempat anda beli, dan anda hanya melakukan instalasi kabel untuk pasang kamera CCTV sendiri di rumah.

    sumber : CCTV