Cara Merawat Hardisk

Cara Merawat Hardisk yang Benar

Hardisk merupakan salah satu dari beberapa komponen penting yang ada pada suatu perangkat seperti komputer maupun laptop yang berfungsi untuk menyimpan data yang ada di perangkat tersebut. Hardisk juga memerlukan suatu perawatan khusus agar awet dan tahan lama sehingga tidak mudah rusak dan terkena bad sector.  Berikut beberapa Cara Merawat Hardisk yang Baik dan Benar supaya awet dan tahan lama :

Cara Merawat Hardisk yang Benar

1.Matikan laptop/komputer dengan cara yang benar

Ingatlah untuk selalu mematikan laptop atau komputer dengan cara yang benar dengan cara melakukan shutdown dan tidak menekan tombol power secara langsung periksa juga agar laptop tidak mati karena kehabisan baterai.

2.Hindari guncangan pada Hardisk

Hindari terjadi guncangan pada laptop/komputer karena dapat menyebabkan lapisan cakram pada hardisk menjadi sobek atau biasa disebut bad sector

3.Rajinlah untuk melakukan disk cleanup dan Disk defragmenter

Salah satu metode perawatan pada hardisk yaitu dengan melakukan disk cleanup dan disk fragmenter agar file – file yang ada pada hardisk tidak rusak, lakukan metode ini minimal sebulan sekali agar menjaga hardisk tetap dalam kondisi yang prima

4.Perhatikan temperatur hardisk 

Selalu perhatikan suhu atau temperatur yang ada pada hardisk agar hardisk tidak mengalami overheating atau panas berlebih karena dapat menyebabkan kerusakan pada hardisk .  Jaga agar ventilasi yang ada pada komputer/laptop tetap lancar dengan cara menggunakan laptop ditempat yang datar seperti di meja.

5.pasangkan antivirus pada hardisk agar aman

install antivirus pada laptop/komputer agar hardisk aman dari virus karena dapat menyebabkan kerusakan bukan hanya pada hardisk tetapi juga pada komputer atau laptop. coba Install beberapa antivirus seperti smadav, Avast , AVG dll.

6.Rajin Back up data 

Salah satu cara untuk merawat data hardisk adalah dengan melakukan backup yang bertujuan untuk mendapatkan duplikat dari hardisk tersebut baik berupa data ataupun sistem operasi. Jadi apabila suatu saat terjadi kerusakan pada hardisk, maka kita bisa melakukan recovery secara cepat.

So,Demikian semoga bermanfaat Terima kasih telah membaca artikel saya

Sumber : Perawatan Hardisk

But, Like, So ############But, Like, So, Because

But, Like, So, Because ####### But, Like, So, Because